PRSU 2010 siap dibuka! Reviewed by Momizat on . Pembukaan acara Pekan Raya Sumatera Utara yang ke-39 direncanakan akan dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara, Syamsul Arifin, dan 33 kepala daerah kabupaten/ko Pembukaan acara Pekan Raya Sumatera Utara yang ke-39 direncanakan akan dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara, Syamsul Arifin, dan 33 kepala daerah kabupaten/ko Rating: 0

PRSU 2010 siap dibuka!

PRSU 2010 siap dibuka!

Pembukaan acara Pekan Raya Sumatera Utara yang ke-39 direncanakan akan dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara, Syamsul Arifin, dan 33 kepala daerah kabupaten/kota serta ketua Menteri Pulau Penang dan Delegasi Malaysia di Tapian Daya, Jalan Gatot Subroto, Medan, besok (19/3).

Dengan dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara, maka arena pameran promosi potensi sumber daya dan produk-produk unggulan akan resmi digelar mulai 19 Maret hingga 18 April 2010, yang dilakukan berkaitan dengan hari jadi Sumatera Utara ke-62 tahun.

Ketua Yayasan PRSU, Panusunan Pasaribu, di Medan, malam ini, menyatakan even tahunan Sumatera Utara tersebut harus benar-benar dimanfaatkan oleh pemerintah daerah kabupaten/kota untuk mempromosikan produk dan jasa kepada masyarakat secara luas. “Pemberlakuan ASEAN-China Free Trade Agreement memberikan pukulan telak bagi produk dalam negeri khususnya usaha kecil dan menengah untuk bersaing.  Sehingga perlu upaya menggerakkan sektor tersebut untuk dapat bersaing,” ujarnya.

Untuk menghadapi AC-FTA tersebut, lanjutnya, pelaku usaha dan pemerintah harus segera membenahi diri baik dari promosi, mutu, harga, dan distribusi. Sehingga masyarakat setempat dapat mencintai produk dalam negeri.

“Sehubungan dengan fungsinya sebagai pusat promosi, PRSU juga tetap berupaya mendorong keikutsertaan para pelaku dunia usaha dan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada pengusaha kelompok usaha kecil dan menengah serta para pengusaha dan perajin yang merupakan mitra binaan dari Badan Usaha Milik Negara dan Daerah untuk memanfaatkan Pekan Raya Sumatera Utara sebagai arena promosi produk mereka,” ujarnya.

Even ini, lanjutnya, juga memberikan kesempatan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di luar Sumatera Utara, pengusaha se-Sumatera Utara, nasional maupun manca negara untuk mempromosikan produk dan jasa kepada para pengusaha Sumatera Utara dan masyarakat umum. “Selain itu, even ini plus IMT GT yang merupakan program kerjasama segi tiga pertumbuhan ekonomi antara Indonesia, Malaysia, dan Thailand yang tahun ini merupakan tahun ke-3 dimana program ini pertama sekali dilaksanakan pada 2008 lalu,” lanjutnya.

Dalam hal ini, lanjut Panusunan Pasaribu, PRSU akan mendatangkan empat duta besar RI yang bertugas di negara Timur Tengah dengan membawa sekitar 30 rombongan pengusaha dari berbagai negara dikawasan Timur Tengah. “Intinya selain diberi keringanan, kita juga berupaya melirik pihak asing, dalam hal ini Deplu yang akan berkunjung bersama rombongan pengusaha dari Timur Tengah,” ungkapnya.

Sementara itu, wakil ketua Yayasan PRSU, Edi Sijabat, menambahkan program segitiga pertumbuhan ekonomi tiga negara juga dipastikan akan meramaikan pegelaran PRSU tahun ini. Pasalnya, kerjasama segitiga tiga negara seperti Malaysia, Indonesia dan Thailand ini menjadikan pembelajaran baru bagi masyarakat Indonesia khususnya Sumut untuk lebih mengenal pertumbuhan ekomoni negara-negara sahabat.  “Kita hanya bisa berharap, acara nantinya bisa berjalan lancar dan semua pihak, baik masyarakat, pelaku UKM dapat merasakan kegembiraan di acara tahunan Sumut ini,” pungkas Panusunan.

Sekretaris Yayasan PRSU, Zulkifli Efendi, mengharapkan ke depan pemerintah daerah yang mengisi stand di PRSU agar menempatkan orang-orang yang

profesional atau memiliki jiwa marketing yang kuat sehingga dapat menjual produk-produk daerahnya. “Dengan menempatkan SDM yang memiliki pemasaran yang kuat maka promosi yang ditampilkan di daerahnya akan terangkat seiring dengan diberlakukannya AC-FTA awal 2010,” ujarnya.

Dengan kegiatan ini, lanjutnya, dirinya berharap Sumatera Utara menjadi produsen atau memproduksi produk bukanlah konsumen atau menggunakan produk. “Dengan menjadi produsen, maka angka pengangguran di Sumatera Utara akan berkurang,” ujarnya.
Persiapan PRSU didalam pagelaran pada Maret nanti, Zulkifli menyatakan akan meningkatkan kualitas pameran baik dari segi hiburan, seni budaya, kreatifitas pelajar dan masyarakat, dan lain sebagainya. “Selain memperlihatkan produk-produk unggulan daerah disertai dengan produk usaha kecil dan menengah, YPRSU juga mengisi berbagai hiburan baik dari artis lokal maupun nasional seperti Jakarta,” ujarnya.
Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga akan bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota untuk menyumbang atau mengisi berbagai kegiatan seni budaya dari masing-masing daerah sehingga hal ini akan menjadi lebih semarak. “Kita berharap hal ini akan benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat Sumatera Utara untuk dapat melihat perkembangan produk-produk elektronik, UKM, furniture, hiburan, pendidikan, dan lain sebagainya,” lanjutnya kembali.

Tinggalkan Komentar

 

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Kembali ke atas