Website Resmi Bappeda Kabupaten Batu Bara
Press Release Musrenbang Kecamatan Reviewed by Momizat on . Pemerintah Kabupaten Batu Bara, Melaksanakan Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tahun 2020. Kegiatan Musrenbang ini dilakukan di sel Pemerintah Kabupaten Batu Bara, Melaksanakan Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tahun 2020. Kegiatan Musrenbang ini dilakukan di sel Rating: 0

Press Release Musrenbang Kecamatan

Press Release Musrenbang Kecamatan

Pemerintah Kabupaten Batu Bara, Melaksanakan Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tahun 2020. Kegiatan Musrenbang ini dilakukan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Batu bara sejak tanggal 20 S/d 25 Februari kedepan. Acara Musrenbang Kecamatan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, dan jajaran OPD pemerintah Kabupaten Batubara. Musrenbang Kecamatan ini merupakan lanjutan dari proses Musrenbang desa/kelurahan yang telah dilakukan sebelumnya di bulan Januari.

Dalam Bimbingan dan Arahan Bupati Kabupaten Batu bara disampaikan bahwa penyelenggaraan musrenbang ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dalam menyusun Rencana Kerja Pemeritah Daerah (RKPD) Kabupaten Bara tahun 2021, melalui penyerapan aspirasi masyarakat, sehingga perencanaan pembangunan yang digulirkan oleh pemerintah dapat diselaraskan dengan aspirasi yang berkembang di berbagai lapisan masyarakat. Pemerintah Kabupaten Batu Bara berkewajiban untuk melaksanakan penyusunan dokumen RKPD yang berfungsi sebagai landasan yuridis dan operasional dalam penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan tugas-tugas pembangunan. Musrenbang Kecamatan merupakan rangkaian dari proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan di kecamatan masing – masing dengan merencanakan skala prioritas pembangunan dan tepat sasaran.

Pada kegiatan Musrenbang Kecamatan ini seluruh pemangku kepentingan diharapkan sudah dapat menyusun program kegiatan prioritas dari usulan – usulan yang telah diperoleh pada musrenbang desa/kelurahan menjadi rumusan-rumusan dengan skala prioritas di tingkat kecamatan yang akan diangkat dalam musrenbang kabupaten tahun 2020. Selanjutnya disampaikan juga kepada seluruh pemangku kepentingan yang menjadi peserta Musrenbang, pentingnya memperhatikan kejelasan dalam menyampaikan usulan pembangunan seperti kejelasan alamat lokasi pembangunan, volume, ukuran, status lahan, kejelasan kelompok penerima bantuan, aspek legalitas, dan lain sebagainya. Ditegaskan juga kepada semua pihak agar memperhatikan target dan sasaran, dan arah kebijakan pembangunan batu bara tahun 2021 yang difokuskan untuk melanjutkan kesinambungan upaya yang telah dilaksanakan periode pembangunan sebelumnya dan berfokus pada pengembangan industri, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pariwisata, pemenuhan akses kualitas pendidikan, kesehatan, pemenuhan infrastruktur perekonomian, sarana prasarana dan perlindungan sosial dan pemantapan industri kreatif masyarakat

Dalam kegiatan Musrenbang Kecamatan seluruh pemangku kepentingan diharapkan dapat berperan aktif untuk memberikan masukan dan informasi yang konstruktif, sekaligus menyerap dan mencatat seluruh kesepakatan dari kegiatan musrenbang tingkat kecamatan yang akan ditindaklanjuti pada Musrenbang Kabupaten yang direncanakan akan dilakukan pada bulan maret tahun 2020.

Tinggalkan Komentar

 

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Kembali ke atas