Gelar Konsultasi RKPD 2020, Pemkab Batu Bara Tekankan 5 Prioritas Ini Reviewed by Momizat on . BATU BARA - Dalam perjalanan empat tahun memimpin pemerintah kabupaten Batu Bara kedepan, Bupati Zahir mengingatkan agar seluruh Rencana Kerja Pemerintah Daerah BATU BARA - Dalam perjalanan empat tahun memimpin pemerintah kabupaten Batu Bara kedepan, Bupati Zahir mengingatkan agar seluruh Rencana Kerja Pemerintah Daerah Rating: 0

Gelar Konsultasi RKPD 2020, Pemkab Batu Bara Tekankan 5 Prioritas Ini

Gelar Konsultasi RKPD 2020, Pemkab Batu Bara Tekankan 5 Prioritas Ini

BATU BARA РDalam perjalanan empat tahun memimpin pemerintah kabupaten Batu Bara kedepan, Bupati Zahir mengingatkan agar seluruh Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 lebih cermat dan terintegratif serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan secara cepat dan strategis.

Penekanan intruksi itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) kabupaten Batu Bara, Ahmad Estein,kepada seluruh pimpinan OPD saat membuka kegiatan Konsultasi Publik Rancangan awal RKPD tahun 2020, di aula Bappeda setempat pada selasa (19/03/2019).

Menurutnya, penyusunan RKPD ini merupakan suatu tahapan yang penting dalam proses pembangunan daerah, bertujuan untuk digunakan sebagai landasan awal dalam penyusunan regulasi APBD kedepan.

Oleh sebab itu, Ditambahkan Ahmad Estein, pada tahun 2020, Pemerintah Batu Bara akan mengangkat 5 prioritas pembangunan.

Kelima prioritas itu, kata Estein, mencakup diantaranya :

1. Peningkatan pembangunan manusia dan pengurangan kemiskinan melalui peningkatan kualitas pelayanan dasar yang merata.

2. Meningkatkan akselerasi pembangunan yang berkelanjutan melalui pemenuhan layanan pada kualitas infrastruktur, penguatan konektivitas antar kecamatan guna mendukung proyek strategis nasional.

3. Peningkatan pada nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja melalui pengoptimalan potensi ekonomi lokal dalam menciptakan kesempatan kerja dan berusaha.

4. Selanjutnya pemantapan ketahanan pangan dan peningkatan energi dan sumber daya air serta peningkatan kualitas lingkungan hidup.

5. Peningkatan tatakelola pemerintahan dan penggakan hukum serta pelayanan publik berbasis sistem teknologi informasi dan inovasi.

Melalui lima prioritas itu, Estein menegaskan kepada seluruh pimpinan OPD mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan, turut membantu visi misi Bupati dalam menurunkan angka penganguran terbuka, kemiskinan dan meningkatkan nilai indek pembangunan manusia di Kabupaten Batu Bara.

‚ÄúSaya minta semua pimpinan dan aparatur OPD serta seluruh stakeholder untuk berpikir secara terbuka, memiliki visi kedepan, terintegratif dan inovatif,‚ÄĚ kata Estein

Terpisah, Kepala Bidang Ekonomi Perencanaan Daerah Batu Bara Denymengatakan, Forum ini merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat dan dunia usaha untuk menyempurnakan rancangan kebijakan penyusunan Perangkat Daerah berdasarkan RPJMD.

Tujuannnya untuk meyelaraskan program RPJMD dan kegiatan tahun 2020, mempertajam kembali indikator dan target sasaran kinerja organisasi perangkat daerah, Yang diantaranya menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan lainya berdasarkan pagu indikatif.

‚ÄúKita berharap RKPD mampu mengintegrasikan pembangunan daerah secara terukur. Itu artinya, penyelenggaraan pembangunan tahun 2020 diyakini akan lebih terarah sesuai dengan RPJMD serta mampu menjawab isu-isu strategis,‚ÄĚ pungkasnya.

 

Sumber: Jurnalhariansumut.com

Tinggalkan Komentar

 

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Kembali ke atas