Tanjung Tiram, Geliat Ekonomi di Pesisir Batubara Reviewed by Momizat on . BATU BARA - Pesisir Kabupaten Batubara menyimpan banyak potensi ekonomi, salah satunya di sektor jasa kepelabuhan dengan adanya empat dermaga yang punya fungsi BATU BARA - Pesisir Kabupaten Batubara menyimpan banyak potensi ekonomi, salah satunya di sektor jasa kepelabuhan dengan adanya empat dermaga yang punya fungsi Rating: 0

Tanjung Tiram, Geliat Ekonomi di Pesisir Batubara

Tanjung Tiram, Geliat Ekonomi di Pesisir Batubara

BATU BARA – Pesisir Kabupaten Batubara menyimpan banyak potensi ekonomi, salah satunya di sektor jasa kepelabuhan dengan adanya empat dermaga yang punya fungsi serta vitalitas masing-masing.

Di Kuala Tanjung ada dermaga milik PT Inalum dan PT Multimas Nabati yang menyokong aktivitas industri besar tersebut, kemudian Tanjung Tiram yang fungsinya sebagai pelabuhan perikanan sekaligus lalulintas manusia, serta satunya lagi Pelabuhan Pagurawan juga jadi sarana nelayan mengirim hasil tangkapan.

Sebut saja dulu satu nama Tanjung Tiram. Ini merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Batubara, sekaligus kota di mana dermaga perikanan tersebut berada. Letaknya di sebelah timur laut Limapuluh – ibukota kabupaten saat ini.

Bagi yang sudah tahu Belawan, kota pelabuhan di utara Kota Medan, mungkin bisa sedikit mendapat gambaran Kota Tanjung Tiram. Kota dengan kepadatan penduduk tinggi yang tinggal di rumah atau pertokoan berhimpitan, serta banyak aktivitas dagang ditimpali lalulintas manusia dan barang. Suasana khas kota pelabuhan.

Dermaga Pelabuhan Tanjung Tiram diresmikan pada tahun 2009, satu tahun lebih awal dari dermaga Pelabuhan Pagurawan. Sejak dibuka, dermaga ini dimanfaatkan untuk keberangkatan warga yang ingin ke negeri jiran Malaysia via Port Klang.

Tanjung Tiram merupakan pelabuhan yang sibuk. Selain aktivitas kapal angkut manusia – ada  kapal-kapal kecil mengangkut warga yang hendak pulang-pergi ke kampung-kampung di sekitarnya seperti Bagan Baru, yang jika ditempuh lewat darat relatif lebih jauh –  tentu saja aktivitas kapal nelayan yang hilir mudik pergi atau pulang dari melaut dengan membawa ikan hasil tangkapan.

Banyak warga menumpukan hidup di sekitar pelabuhan, seperti pedagang, tukang beca atau ojek.

Geliat ekonomi Tanjung Tiram ditopang aktivitas nelayan, yang membuat kawasan ini menjadi pelabuhan perikanan terpenting di Batubara. Di sekitar pelabuhan tampak gudang-gudang serta tempat penjemuran ikan. Ada sejumlah pabrik es untuk menopang kebutuhan nelayan dan para toke ikan.

Wisata kuliner juga menjadi daya tarik Tanjung Tiram, aneka kuliner khususnya seafood bisa dinikmati di sana. Banyak yang khusus datang membeli ikan, ada pula tempat pelelangan kerang.

Bagi yang ingin mendapatkan ikan dengan harga lebih murah, atau sekadar menikmati suasana laut, bisa menyewa perahu menuju ke tengah untuk mencegat nelayan yang baru pulang menangkap ikan.

Dengan aktivitas seperti itu, ditunjang pula sektor perdagangan lain, tak heran jika disebut Tanjung Tiram merupakan salah satu kota dengan perputaran uang terbesar di Kabupaten Batubara.

Siapa yang menampik, jika kelak Tanjung Tiram bisa berkembang jadi pelabuhan perikanan terpenting di Sumatera Utara.

Sumber : agroplus.co.id

Tinggalkan Komentar

 

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Translate »
Kembali ke atas