Peluang Investasi Reviewed by Momizat on . Secara administratif, luas wilayah Kabupaten Batu Bara sebesar 904,96 km² (90.496 Ha) yang terbagi kedalam 7 (tujuh) kecamatan serta terdiri dari 93 (sembilan p Secara administratif, luas wilayah Kabupaten Batu Bara sebesar 904,96 km² (90.496 Ha) yang terbagi kedalam 7 (tujuh) kecamatan serta terdiri dari 93 (sembilan p Rating: 0

Peluang Investasi

Peluang Investasi

Secara administratif, luas wilayah Kabupaten Batu Bara sebesar 904,96 km² (90.496 Ha) yang terbagi kedalam 7 (tujuh) kecamatan serta terdiri dari 93 (sembilan puluh tiga) desa dan 7 (tujuh) kelurahan.

Posisi geografis yang berada di kawasan Pantai Timur Sumatera Utara sangat strategis karena terletak pada jalur lintasan perdagangan nasional dan internasional yakni Selat Malaka yang merupakan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) di wilayah Indonesia Bagian Barat.

Memiliki sistem jaringan transportasi terpadu tidak hanya dalam lingkup lokal namun juga regional dan nasional karena wilayahnya dilalui oleh jaringan jalan lintas Sumatera.

Keberadaan Pelabuhan Tanjung Tiram yang memiliki aksesibilitas dan konektifitas secara internasional (khususnya dalam lingkup Asia Tenggara) walaupun dalam skala kecil, serta pelabuhan lainnya merupakan modal utama sebagai gerbang ataupun outlet nasional dan internasional jika dikelola secara optimal.

Tentang KEK (Kawasan Ekonomi Khusus)

Secara generik, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) adalah kawasan tertentu dimana diberlakukan ketentuan khusus di Bidang Kepabeanan, Perpajakan, Perizinan, Keimigrasian dan Ketenaga Kerjaan, selain ketentuan tersebut Kawasan Ekonomi Khusus  (KEK) juga perlu didukung dengan ketersediaan infrastruktur yang handal serta Badan Pengelola yang Profesional sesuai dengan Standar Internasional.

Kabupaten Batu Bara yang terletak di Sebelah Timur Pulau Sumatera, mempunyai jarak tempuh + 100 Km dari Kota Medan Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara, memiliki satu kawasan strategis untuk dijadikan Kawasan  Ekonomi Khusus (KEK) yang terletak di dua Kecamatan yaitu Sei Suka dengan luas wilayah 17.147 Ha dan Kecamatan Medang Deras dengan luas wilayah 6.547 Ha sehingga jumlah luas wilayah kedua kecamatan yang terletak di kawasan strategis tersebut adalah 23.694 Ha, dan lahan yang dapat dimanfaatkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) adalah seluas + 1000 Ha, disebabkan di daerah tersebut telah berdiri perusahaan – perusahaan industri berskala besar seperti PT. Inalum, PT. Multi Mas Nabati, PT. Domba Mas dan masing-masing perusahaan tersebut telah memiliki pelabuhan khusus yang dapat digunakan untuk ekspor/impor hasil-hasil produknya.

Disamping perusahaan – perusahaan yang sudah eksis beroperasional ada juga perusahaan – perusahaan yang sedang melakukan pembangunan di Kawasan strategis tersebut, antara lain : PT. Citra Raya Perkasa Abadi bergerak dibidang Pengolahan Aspal, PT. Gunung Pantasa Barisan bergerak dibidang Pengolahan Semen dan PT. Ranyza Energi bergerak dibidang Pembangkit Listrik Tenaga Uap, sementara yang sudah mengajukan permohonan untuk mendirikan perusahaan di kawasan strategis tersebut sudah ada beberapa perusahaan, antara lain : Japan Cilicon Ltd, Kawashima Group, Sungai Lang Marine And Supply Sdn Bhd dan Sungai Pulai Construction And Trading.

Versi lengkapnya dapat di download di sini.

Anda juga dapat mengunduh informasi tambahan mengenai KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) di sini.

Tinggalkan Komentar

 

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Translate »
Kembali ke atas