Kawasan Kuala Tanjung Diproyeksi Jadi Kota Baru Reviewed by Momizat on . MEDAN- Pemerintah memproyeksi kawasan industri Kuala Tanjung yang meliputi Kabupaten Batubara dan Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara menjadi kota bar MEDAN- Pemerintah memproyeksi kawasan industri Kuala Tanjung yang meliputi Kabupaten Batubara dan Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara menjadi kota bar Rating: 0

Kawasan Kuala Tanjung Diproyeksi Jadi Kota Baru

Kawasan Kuala Tanjung Diproyeksi Jadi Kota Baru

MEDAN– Pemerintah memproyeksi kawasan industri Kuala Tanjung yang meliputi Kabupaten Batubara dan Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara menjadi kota baru dengan berbagai program pengembangan industri.

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Surya Wirawan mengatakan, kawasan itu akan meliputi sejumlah perusahaan yang mengembangkan usaha tertentu.

Di kawasan itu, akan ada PT Inalum yang akan mengembangkan berbagai industri hilir dari aluminium yang diproduksi selama ini. Pihaknya membutuhkan PTPN 3 karena memiliki Kawasan ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke yang akan mengelola berbagai industri turunan dari CPO.

Demikian juga dengan PT Pelindo I yang akan mengelola pelabuhan di Kuala Tanjung yang sedang dalam proses pembangunan. Berbagai jenis industri tersebut memerlukan dukungan pelabuhan sebagai pintu untuk mendistribusikan berbagai hasil industri yang dihasilkan. Dengan keberadaan berbagai jenis industri yang sedang dibangun dan dikembangkan, diproyeksikan kawasan yang berada di Batubara dan Simalungun tersebut akan menjadi kota baru.

“Kita tidak tahu nanti kotanya di mana, siapa wali kotanya,” ucapnya di Medan, Rabu (13/4/2016).

Menurut dia, pihaknya berkeinginan kawasan industri Kuala Tanjung tersebut seperti koridor Jakarta-Cikampek yang memiliki sejumlah koridor industri. Sesuai dengan amanat otonomi daerah, pihaknya mengharapkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) provinsi untuk memiliki perencanaan.

Dengan perencanaan tersebut, diharapkan tidak ada kendala di lapangan dalam upaya pembangunan dan pengembangan kawasan industri itu.

Tinggalkan Komentar

 

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Translate »
Kembali ke atas