PESONA DUA PULAU DI BATUBARA

Berbicara mengenai Kabupaten Batu Bara tentu tak lepas dari pesona kepariwisataan yang dimilikinya. Kabupaten Batu Bara memiliki sejumlah objek wisata budaya maupun objek wisata bahari yang memiliki pesona yang luar biasa. Kita sungguh beruntung tinggal di daerah yang dianugerahi dengan kekayaan alam khususnya kekayaan wisata yang luar biasa. Kita memiliki sejumlah pantai dengan keindahannya seperti Pantai Perjuangan yang biasa juga kita kenal dengan nama Pantai Jono, Pantai Bunga dan Pantai Bunga Laut Indah, Pantai Kuala Sipare, Pantai Sejarah, Pantai Laksamana, dan Pantai Kubah Padang.

Selain itu kita juga bisa menikmati keindahan alam di Danau Laut Tador atau pun Wisata Alam Datuk. Tak hanya itu, Kabupaten Batu Bara juga memiliki dua buah pulau yang memiliki pesona yang luar biasa. Dua pulau indah ini terletak di Selat Malaka yakni Pulau Pandang dan Pulau Salah Nama

Pemandangan dari atas pulau salah nama

Pemandangan dari atas pulau salah nama

Mungkin tak banyak dari kita penduduk Batu Bara yang pernah mengunjungi dua pulau yang indah ini. Sungguh sangat disayangkan karena dua pulau ini justru sangat di kenal oleh wisatawan dari luar Batu Bara bahkan oleh wisatawan asing. Mengingat keindahannya yang luar biasa dan kondisi alamnya yang masih sangat asri membuat dua pulau ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang kebanyakan berasal dari luar Batu Bara.

Pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Batu Bara senantiasa berupaya membenahi dua buah pulau yang kita miliki ini. Dua pulau ini nantinya diharapkan menjadi primadona wisata yang ada di Kabupaten Batu Bara atau Bahkan di Provinsi Sumatera Utara.

Pepohonan Rimbun yang ada di Pulau Salah Nama

Pepohonan Rimbun yang ada di Pulau Salah Nama

Bila kita ingin mengunjungi Pulau Pandang dan Salah Nama, kita dapat menaiki perahu bermotor dari dermaga Tanjung Tiram. Dengan menemupuh perjalanan kurang lebih 2 jam, kita akan sampai di Pulau Salah Nama. Di pulau ini kita bisa melihat bangunan tower telekomunikasi berdiri tegak diatas bukit. di Pulau Salah Nama banyak ditinggali berjenis satwa. Pada malam hari kita bisa melihat kilauan lampu perahu nelayan yang menangkap sotong dan cumi-cumi. Tempat ini juga merupakan tempat favorit bagi mereka yang memiliki hoby memancing. Bila kita berjalan menaiki bukit hingga di puncak bukit di Pulau Salah Nama ini, keletihan yang kita rasakan akan segera terbayar begitu menyaksikan pemandangan di sekitar pulau yang luar biasa dari atas puncak bukit. kita juga bisa berteduh di bawah rimbunnya pepohonan yang ada di pulau Salah Nama.

Jalan Setapak di Pulau Salah Nama

Jalan Setapak di Pulau Salah Nama

Melihat air yang jernih di sekitar pulau Salah Nama tentunya akan menggoda kita untuk mandi di sekitar pulau. Bahkan kita bisa melihat sejumlah ikan berenang-renang di sekitar Pulau Salah nama. Sesekali bila kita beruntung, kita bisa melihat ikan lumba-lumba berenang tak jauh dari Pulau Salah Nama. Para wisatawan juga biasa mengelilingi pulau ini dengan menggunakan jet sky. Populasi berbagai jenis udang juga cukup banyak di Pulau Salah Nama.

Tak jauh dari Pulau Salah Nama dengan menempuh perjalanan selama 15 menit kita bisa tiba di Pulau Pandang. Tak kalah menarik dengan Pulau Salah Nama, Pulau Pandang memiliki potensi keindahan alam yang menakjubkan. Kondisi alam yang asri, perairan yang bersih dan jernih membuat tempat ini menjadi populasi beragam biota laut.

DSC08831

Pulau Pandang Tampak dari Kejauhan

Di Pulau Pandang kita bisa melihat banyak sekali karang yang menghiasi perairan di sekitar pulau. Di perairan sekitar Pulau Pandang juga bisa kita temui bulu babi. Saat ini Pulau Pandang di jaga oleh satuan angkatan laut. Bila kita berkunjung ke tempat ini, kita bisa melihat adanya penangkaran penyu. Hal lain yang tak kalah menarik yakni adanya sumur air tawar di pulau ini.

Potensi kekayaan alam bahari yang dimiliki Pulau Pandang yang telah dikenal hingga ke pelosok nusantara khususnya di Pulau Sumatera membuat Tim ekspedisi diving Sumatera Utara (POSSI) yang dimotori ketua POSSI Sumatera Utara Rudi Rinaldi,S.Sos,M.AP dan juga anggota para atlet diving Sumatera Utara Heni, Anggi, Beby dan para mantan atlet polo air Sumatera Utara yakni Zulfan Efendi dan Semi Suharto,S.Sos, serta Iwan yang merupakan anggota Angkatan Laut Belawan telah dua kali berkunjung menjajal keindahan biota alam laut Pulau Pandang. Semi Suharto yang saat ini juga menjabat sebagai Kabid Pariwisata DISBUDARPORA Kabupaten Batu Bara mengatakan bahwa panorama bawah laut yang ada di Pulau Pandang sungguh menakjubkan. Kegiatan Diving ataupun Snorkling sungguh sangat cocok dilakukan di objek wisata ini.

Berbagai Jenis ikan laut dengan keindahannya dapat kita saksikan di Pulau ini. Semi menuturkan bahwa ia telah mempromosikan keindahan Pulau Pandang kepada rekan-rekannya dan mereka yang telah mengunjungi Pulau Pandang menyatakan kekagumannya atas objek wisata ini. Lebih lanjut Semi juga mengatakan bidang Pariwisata DISBUDARPORA Kab. Batu Bara bekerja keras dalam upaya pengembangan sejumlah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Batu Bara melalui program-program pembangunan yang terpadu ataupun promosi kepariwisataan ke luar daerah. Semi yakin kekayaan wisata yang dimiliki Kabupaten Batu Bara dengan penataan dan pengelolaan yang tepat akan menjadikan objek wisata di Kabupaten Batu Bara menjadi primadona wisata di Pulau Sumatera atau bahkan luar Pulau Sumatera dan bukan tak mungkin suatu saat nanti pariwisata Batu Bara menjadi sumber pemasukan pendapatan asli daerah yang terbesar.

pandang3

Melakukan Snorkling di Pulau Pandang

Semi Suharto,S.Sos juga memaparkan bahwa dalam pembangunan dan pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Batu Bara tidak saja berasal dari perhatian pemkab Batu Bara sendiri ataupun Pemerintah Pusat melainkan perlunya peranan dari para investor. Investor memegang peranan penting dalam pembangunan dan pengembangan kepariwisataan. Belajar dari beberapa daerah di Republik ini seperti Bali yang sudah diakui keberhasilannya dalam pengelolaan kepariwisataan, para investor ternyata memegang peran besar tersendiri. Melihat keadaan itu bidang pariwisata Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Batu Bara bekerja secara aktif dalam upaya pengembangan kepariwisataan kabupaten yang kita cintai ini. Melalui promosi yang gencar dilakukan diharapkan dapat menarik minat investor yang ada untuk dapat menanamkan modalnya membangun kepariwisataan di Kabupaten Batu Bara.

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Translate »
Kembali ke atas