Dua Perusahaan Ini Pilih Pelabuhan Kuala Tanjung untuk Ekspor Reviewed by Momizat on . JAKARTA - Pelabuhan Kuala Tanjung yang berada di bawah pengelolaan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo I) sudah diuji coba untuk pengiriman ekspor. Direktur Utama P JAKARTA - Pelabuhan Kuala Tanjung yang berada di bawah pengelolaan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo I) sudah diuji coba untuk pengiriman ekspor. Direktur Utama P Rating: 0

Dua Perusahaan Ini Pilih Pelabuhan Kuala Tanjung untuk Ekspor

Dua Perusahaan Ini Pilih Pelabuhan Kuala Tanjung untuk Ekspor

JAKARTA –¬†Pelabuhan Kuala Tanjung¬†yang berada di bawah pengelolaan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo I) sudah diuji coba untuk pengiriman ekspor.

Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana menyebutkan, pelabuhan yang berada di Sumatera Utara tersebut melayani pengiriman ekspor beberapa perusahaan besar.

“Untuk Kuala Tanjung sendiri, minggu pertama sudah uji coba untuk eskpor dari Kuala Tanjung,‚ÄĚ kata Bambang saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (19/11/2018).

Dia menuturkan, saat ini pelabuhan tersebut masih terus akan dikembangkan untuk meningkatkan kapasitas dan mempercepat pertumbuhan volume.

“Saat ini kita dalam proses negosiasi untuk ekspornya punya kargo unilever, kargo wilmar, kargo pabrik rokok siantar, tiga pabrik ini lokasinya berdekatan dengan Kuala Tanjung, jadi lebih murah,‚ÄĚ ujar dia.

Pelindo I menargetkan pelabuhan Kuala Tanjung bisa melayani pengiriman ekspor hingga 600 kontainer per minggu.

“Kalau Unilever 400 kontainer per minggu, Wilmar kita negosiasi ‚Äésupaya bisa 200, pabrik rokok kita harapkan 50-100, pelayaran¬†one hand¬†ini mengharapkan minimal ekspor di Kuala Tanjung ini minimal 500-600 kontainer yang bisa diangkut kapal,‚ÄĚ ujar dia.

Adapun tujuan¬†ekspor¬†ke Asia Utara, China dan Taiwan. “Proses perizinan semua sudah peroleh, izin operasi dari kemenhub sudah, izin kepabeanan sudah diperoleh, jadi ini tinggal mematangkan untuk kepentingan pelaksanaan,‚ÄĚ tutur dia.

Digitalisasi Pengelolaan Pelabuhan

Usai mendapatkan pinjaman Rp 1,3 triliun dari sindikasi perbankan, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) menargetkan seluruh proyek yang dibiayai sindikasi pinjaman akan selesai kuartal I 2019.

Pelindo I akan menerapkan digitalisasi di sejumlah pelabuhan kawasan Indonesia bagian barat. Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana menuturkan pelabuhan-pelabuhan di Indonesia bagian barat akan dilengkapi alat-alat penunjang digitalisasi serta sistem cashless (nontunai).

Adapun pelabuhan tersebut antara lain Pelabuhan Belawan, perkuatan dermaga petikemas di Pelabuhan Perawang, Pekanbaru, perpanjangan dermaga di Pelabuhan Dumai, pembangunan dermaga di Pelabuhan Sei Kolak Kijang, Tanjung Pinang dan penataan Pelabuhan Malahayati.

“Selain investasi sarana fisik, penguatan digitalisasi serta sistem cashless menjadi prioritas Pelindo I,” ujar Bambang di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin¬†19 November 2018.

Ia menargetkan seluruh proyek yang dibiayai sindikasi tersebut akan selesai pada kuartal I 2019. ‚ÄúYang ditandatangani sekarang ini adalah proyek yang akan selesai akhir 2018 dan awal 2019. Proyek ini setelah dilunasi bisa saya terima di Pelindo I. Bisa dioperasikan dan menambah pendapatan bagi Pelindo,‚ÄĚ kata dia.

Seperti diketahui, sejumlah bank yang tergabung dalam sindikasi pinjaman itu antara lain Bank Mandiri, BRI, dan BNI. ‚ÄúPerjanjian kredit ini sudah ditunggu sejak lama karena proyeknya sendiri sudah kita eksekusi, sudah jalan ini tinggal para kontraktor minta dibayar,‚ÄĚ tutur dia.

Sementara itu, Direktur Corporate Banking BRI, Kuswiyoto menuturkan, pihaknya sangat mendukung pembiayaan di pembangunan infrastruktur. ‚ÄúKami perbankan sangat happy untuk mendorong pembiayaan infrastruktur karena selain proyek ini low risk (risikonya rendah) walau long distance (jarak panjang) tapi setidaknya kita bisa tidur. Kami melihat dampaknya ke ekonomi sangat bagus, dampak ke sektor riil dan perbankan bagus. Insyaallah proyek oleh Pelindo I bisa bermanfaat bagi stakeholder terkait,‚ÄĚ tutur dia.

Selain itu, Himpunan Bank Negara (Himbara) siap mendanai proyek-proyek selanjutnya. “Kami siap dari Bank Himbara mendukung rencana ke depan dari Pelindo I maupun anak usahanya,” kata dia.

 

 

Sumber: Liputan6.com

Tinggalkan Komentar

 

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Translate »
Kembali ke atas